Sabtu, 30 Juni 2012

Peningkatan Kompetensi Guru


PENINGKATAN KOMPETENSI (CAPACITY BUILDING)  
GURU DAERAH TERPENCIL MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN ICT
Oleh: Abdul Waqif, S.Pd

Hadirnya teknologi informasi diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia khusunya tenaga pendidik. Dalam kehidupan dewasa saat ini, perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) merupakan sektor yang mendominasi. Siapa pun yang menguasai teknologi informasi, maka baginya kemenangan dan akan menjadi leader dalam dunianya.
Capacity building atau peningkatan kompetensi atau peningkatan kapasitas merupakan pembangunan yang dinamis untuk mencapai kinerja dalam menghasilkan luaran (out-put) dan hasil (out-come) pada koridor tertentu.Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) saat ini, memberikan banyak dampak positif dan dukungan terhadap upaya dan program peningkatan kemampuan (capacity building), baik yang dilakukan secara pribadi, kelompok, organisasi pemerintah maupun swasta terutama dalam meningkatkan kinerja yang memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, sehingga akan dapat meningkatkan kapasitas dan produktivitas kerja.
Bagi guru, perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) memberikan dampak yang signifikan utamanya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempersiapkan dan menyajikan materi pembelajaran, melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar, serta dalam melaksanakan upaya peningkatan keterampilan lainnya seperti menulis pengalaman mengajar, melakukan Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan lain sebagainya.
Pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan Nasional melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPMPTK) Provinsi Sulawesi Selatan dua tahun terakhir ini (tahun 2009 dan 2010) telah memberikan dukungan maksimal baik moril maupun materil terhadap upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan guru (capacity building), melalu program Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU).
Melalui Program BERMUTU, dengan memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kera Pengawas Sekolah (MKPS) sebagai realisator program telah melakukan upaya capacity building.
Khusus bagi KKG, salah satu materi diklat Program BERMUTU yang dijadwalkan adalah Keterampilan ICT. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil Training Need Assesment (TNA). Bahwa  sebagian besar peserta KKG khususnya peserta KKG Terpencil (remove) belum bisa mengoperasikan komputer alias masih gagap teknologi (gaptek).
Untuk itu, dalam rangka capacity building bagi KKG Terpencil (remove) yang ada di Kabupaten Pangkep, khususnya KKG yang ada di kecamatan kepulauan baik Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kecamatan Liukang Kalmas, dan Kecamatan Liukang Tangayya, dua tahun ini intensif melakukan pelatihan keterampilan ICT kepada guru-guru. Dalam pelatihan ini, guru-guru dilatihkan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, & Power Point) dan materi On-line (internet).
Hasil dari diklat ini, bagi guru  yang awalnya tidak mengenal komputer, saat ini sudah bisa mengoperasikan komputer, membuat bahan presentasi dan mempresentasikannya, mengolah data, mengirim e-mail, chat, dan sebagainya. Selanjutnya, sebagai bukti adanya keseriusan dalam upaya capacity building, sebagian guru yang sudah mendapatkan pelatihan sebelum pulang ke pulau masing-masing tempat tugasnya, sudah memiliki Laptop, printer, modem, flash disc untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian nantinya akan berimbas terhadap efektifitas dan efisiensi pembelajaran, serta peningkatan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar